Metode ini adalah metode
pengembangan sistem informasi yang pertama kali digunakan makanya disebut
dengan metode tradisional. Metode ini prototype Adalah tahap-tahapan pekerjaan
yang dilakukan oleh analis sistem dan programer dalam membangun sistem
informasi.
Adapun
tahap-tahap tersebut yaitu:
1. Melakukan
survey dan menilai kelayakan proyek pengembangan sistem informasi.
Tahap ini akan ditentukan ruang
lingkup proyek bagi semua pemakai sistem informasi dan berbagai tingkat
pertanggungjawaban, meneliti masalah dan berbagai kemungkinan adanya kendala,
menentukan sasaran proyek dan menentukan solusinya.
Hasil dari survey adalah
laporan kelayakan studi berisi temuan-temuan, rekomendasi, pertimbangan biaya
dan manfaat. Temuan ini harus diketahui oleh komite pengawas
2. Mempelajari
dan menganalisis sistem informasi yang sedang
berjalan
Mempelajari sistem yang sedang
berjalan, mengetahui sebab dan kendala yang dihadapi. Hasil dari tahap ini
adalah laporan yang mengungkapkan adanya berbagai permasalahan (problem
statement)
3. Menentukan
permintaan pemakai sistem informasi
Hal terpenting dari sistem
informasi adalah terlebih dahulu harus mendapat persetujuan dari para pemakai
sistem (pemakai sistem dilibatkan). Hasil dari tahap ini adalah laporan
permintaan dari pemakai sistem informasi yang akan dijadikan dasar untuk
pembuatan keputusan.
4. Memilih
solusi atau pemecahan masalah yang paling baik
Dari berbagai solusi maka
solusi dan pemecahan masalah terbaiklah yang akan dipilih yaitu berdasarkan
hasil analisis permintaan pemakaian.
5. Menentukan
perangkat keras dan perangkat lunak komputer
Setelah proposal pengembangan
sistem informasi disetujui maka ditentukan hardware dan software yang akan
digunakan dan bagaimana cara mendapatkannya
6. Merancang
sistem informasi baru
Kegiatan perancangan sistem
informasi baru umumnya meliputi: input, proses, output, bahan yang digunakan,
metode dan prosedur serta pengendalian intern
7. Mengkomunikasikan
dan mengimplementasikan sistem informasi baru
Hasil penyusunan sistem
informasi adalah sebuah software komputer yang siap pakai digunakan sesuai
dengan kebutuhan users, selanjutnya analis harus memperkenalkan paket sistem
informasi tersebut untuk dioperasikan (pelatihan users dll)
8. Memelihara
dan melakukan perbaikan/peningkatan sistem informasi baru
Pemeliharaan yang dilakukan adalah dengan
melakukan perbaikan-perbaikan pada kesalahan atau kegagalan yang timbul dalam
penggunaan sistem informasi.
Kelebihan dan Kekurangan
1. Kelebihan
Ø Mudah diaplikasikan.
Ø Memberikan template tentang metode analisis,
desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan.
2. Kekurangan
Ø Jarang sekali proyek riil mengikuti aliran
sekuensial yang dianjurkan model karena model ini bisa melakukan itersi tidak
langsung.
Ø Pelanggan sulit untuk menyatakan kebutuhan
secara eksplisit sehingga sulit untuk megakomodasi ketidakpastian pada saat
awal proyek.
Ø Pelanggan harus bersikap sabar karena harus
menunggu sampai akhir proyrk dilalui. Sebuah kesalahan jika tidak diketahui
dari awal akan menjadi masalah besar karena harus mengulang dari awal.
Ø Pengembang sering malakukan penundaan yang
tidak perlu karena anggota tim proyek harus menunggu tim lain untuk melengkapi
tugas karena memiliki ketergantungan hal ini menyebabkan penggunaan waktu tidak
efesien.
0 komentar:
Posting Komentar